Minggu, 15 November 2020

di 22.32 Label: Diposting oleh Dini Rahmadani

   Setiap anak adalah berbeda, mereka memiliki keunikan. Setiap anak adalah hebat,memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang jika kita pandai mengelolanya akan saling melengkapi dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 

    Desember 2020, merupakan hari sangat dinanti oleh siswa untuk melihat hasil kemampuan mereka dalam pembelajaran, apalagi dalam masa pandemi corona ini. Mereka ingin mengukur kemampuannya, dengan melihat angka-angka dan deskripsi yang tertulis dalam beberapa lembar kertas. 

    Para orang tua pun sangat antusias juga untuk menantikannya, dengan harapan angka-angka yang tertulis akan menggambarkan kemampuan anaknya. Dan mereka punya rencana sendiri untuk membuat keputusan, apakah anak mereka butuh belajar tambahan dengan guru di sekolah atau belajar bersama dengan orang tua atau teman-temannya di rumah. 

 Pesan untuk guru mapel: 
  • Selalu memberikan motivasi pada siswa untuk memenuhi kewajibannya, “Jangan pernah menyerah ya Bapak Ibu Pahlawan tanpa tanda jasa…..” 
  • Berusaha memenuhi hak siswa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari gurunya. “Tentu saja sang guru juga perlu meng-update ilmunya,he…” 
  • Menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua dan siswa 
  • Telitilah dan lakukan yang terbaik menurut anda dalam membuat penilaian. “Tidak ada produk Allah yang gagal”.

 TIM Pengolah Erapor ( Catatan untuk Tim:) Terima kasih teman-teman tim yang telah bekerjasama dalam mengolah nilai anak. Banyak pelajaran penting yang saya dapat dari menjalankan tugas sebagai pengolah nilai. 
  1. Belajar memahami berbagai, karakter teman dan cara kerja mereka dalam tim. 
  2. Mengelola emosi, karena emosi akan berubah, bisa naik dan turun tergantung situasi dan kondisi yang sedang dialami dengan berbagai masalah dan kendala yang diuar prediksi dan yang sudah diprediksi sebelumnya. 
  3. Tetaplah fokus pada pekerjaan kita, biarkan / abaikan komentar-komentar yang merusak fokus dan jadikan komentar yang baik dan bermanfaat untuk mencoba intropeksi diri. Komentar yang baik atau tidak, tergantung pada niatnya masing-masing. Akan menjadi baik atau buruk tergantung cara kita menyampaikan, pendekatan kita dalam berinteraksi. Jangan asal komentar, kalau tidak memberikan solusi. Setiap orang tentu punya alasan tersendiri, ketika mereka memilih langkah kerja menuju hasil.
  4. Saling mengingatkan “ terima kasih atas pandangannya ya teman, bukan bermaksud merasa lebih baik, tapi ada rasa keinginan untuk mencoba, merubah kebiasaan yang menurut saya tidak bagus untuk masa yang akan datang. 
  5. Menghargai perbedaan. Perbedaan langkah / cara kerja dalam tim, itu biasa saja terjadi, proses komunikasi yang baik akan menjadi solusi untuk memahami perbedaan tersebut. Setiap orang dalam tim, punya pengalaman, pandangan dan cara yang berbeda untuk mencapai tujuan atau hasil yang diharapkan. Mungkin cara si A berbeda dengan si B dan si C. A dan B memilih jalan singkat dan tercepat untuk mencapai tujuan. Tetapi si C, mungkin memilih jalan terpanjang, yang penuh tantangan, yang kemungkinan membutuhkan waktu untuk mencapai tujuan. Alasan si C memilih jalan yang panjang adalah ingin belajar bersama, belajar memahami,belajar menghadapi masalah dan mencoba mencari solusi. Ketika belajar tentu berproses, butuh waktu dan tentu kami semua memperhatikan tujuan dan punya pertimbangan sendiri dalam memilih cara yang berbeda untuk mencapai tujuan. Alhamdulillah, kita semua bisa melewatinya dan menyelesaikan tugas kita masing-massing, dengan pengalaman yang berbeda, cara kerja yang beda, kepuasan yang berbeda, tapi insya allah tujuan kita bersama akan sesuai dengan hasil yang diharapkan. 
  6. Ikhlas berbagi 
  7. Kerja sama, "jangan hanya berkomentar", jika kamu bisa, bantu yang mengalami kesulitan.
  8. Jangan campuri pekerjaan yang bukan urusan kita (maksudnya, supaya kita bisa saling bertanggung jawab dalam bekerja). 

 Pesan untuk guru mapel: 
  •  Telitilah dalam menuliskan angka yang tepat untuk menggambarkan hasil belajar siswa. Agar teliti, pelajarilah membuat perencanaan yang baik dan tepat. 
  •  Lakukan pengolahan sendiri, karena tim sudah menyediakan aplikasi pengolahan nilai untuk memudahkan prediksi nilai rapor siswa. 
  • Cobalah belajar untuk menggunakannya, seringlah bertanya jika tidak mengerti menggunakannya. 
  •  Jika meminta bantuan orang lain dalam melakukan pengolahan,tolong dampingi dan cek kembali hasil pekerjaan mereka.

 Pesan untuk wali kelas: 
  • Cobalah menghargai penilaian guru mata pelajaran terhadap siswa di kelas anda. 
  • Guru mapel tentu punya alasan dan pertimbangan tersendiri dengan angka yang mereka tuliskan. 
  • Tidak setuju dengan cara penilaian atau angka yang ditulis guru mapel itu wajar saja. Walas berhak bertanya dan konfirmasi ke guru mapel. 
  • Jalin komunikasi yang baik dengan guru mapel, dan 
  • Bernegosiasilah dengan hati-hati jika ingin merubah angka yang menurut pandangan walas tepat.  

Pesan untuk para siswa: 
  • Lakukan yang terbaik yang kamu bisa dalam peoses belajar selama masa pandemi covid 19 ini. 
  • Penuhilah segala kewajibanmu sebagai siswa terutama berusaha memenuhui aturan dan tugas yang diberikan gurumu.
  • Tetap semangat, dengarkan nasehat ortu dan jangan lupa berdoa agar diberi kemudahan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


 OK, sekian dulu ceritanya, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak tepat! Tetap semangat dan selalu berfikir positif dan selalu intropeksi diri untuk kehidupan yang lebih baik. Sekedar mencoba menulis kembali, dan masih perlu banyak belajar, terima kasih.

0 komentar: